Mengenal wisata edukasi, Sumber: tempatwisataunik.com
Mengenal wisata edukasi, Sumber: tempatwisataunik.com
Mengenal Wisata Edukasi : Perpaduan Antara Pendidikan & Hiburan

Kemungkinan besar Anda sudah pernah mendengar istilah wisata edukasi. Namun apakah Anda sudah paham mengenai pengertiannya? Untuk Anda yang belum paham mengenai jenis wisata yang satu ini tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai wisata yang memadukan unsur pendidikan dan hiburan tersebut.

Pernah mendengar istilah belajar sambil bermain bukan? Nah, wisata yang satu ini sebenarnya juga hampir sama. Secara umum pengertian dari wisata edukasi adalah aktivitas liburan atau rekreasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pendidikannya. 

Jadi perjalanan wisata ini tidak hanya untuk bersenang-senang saja, namun juga bertujuan untuk mengedukasi wisatawan akan sesuatu hal. Biasanya kegiatan wisata ini diadakan oleh lembaga-lembaga tertentu. Misalnya saja seperti sekolah, kampus, dan institusi pendidikan lainnya.

Meskipun banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan, namun tidak sedikit pula rombongan keluarga yang memilih wisata edukasi. Apalagi jika rombongan keluarga ini memiliki anak kecil. Selain anak-anak, orang dewasa pun juga bisa ikut dalam kegiatan tersebut. Nanti wawasan mereka akan bertambah dan semakin luas.

Mengenal wisata edukasi, Sumber: tempatwisataunik.com
Mengenal wisata edukasi, Sumber: tempatwisataunik.com

Jenis-Jenis Wisata Edukasi 

Untuk Anda yang tertarik dengan wisata pendidikan ini, maka perlu mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Meskipun sama-sama bertujuan untuk memberikan edukasi, namun aktivitas liburan yang satu ini tetap memiliki perbedaan. Penasaran dengan apa saja jenis-jenis wisata pendidikan? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Edukasi Ilmu Pengetahuan

Jenis wisata yang satu ini memiliki fokus pada pendidikan yang dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan. Tambahan ilmu pengetahuan tersebut akan wisatawan dapatkan saat mengunjungi tempat wisata tertentu. Tentu saja tempat yang memberikan edukasi kepada khalayak ramai mengenai ilmu pengetahuan.

2. Edukasi Olahraga

Sesuai dengan namanya, tentu saja jenis wisata pendidikan yang satu ini akan berhubungan dengan kegiatan fisik dan kesehatan jasmani. Wisata ini juga tetap mengedepankan unsur pendidikan di dalam seluruh komponennya. Contoh dari wisata olahraga ialah melakukan kegiatan panjat tebing, bersepeda gunung, dan lain sebagainya.

3. Edukasi Kebudayaan

Seperti dengan namanya, wisata edukasi ini bertujuan untuk mengenalkan budaya, seni, adat istiadat, hingga sejarah lebih jauh lagi kepada para wisatawan. Dengan begitu, wisatawan yang datang ke tempat wisata tersebut akan teredukasi mengenai kebudayaan di Indonesia. Bukan hanya untuk wisatawan domestik saja namun juga wisatawan mancanegara.

4. Edukasi Agrobisnis

Jenis wisata ini berfokus untuk mengenalkan pengetahuan mengenai dunia pertanian dan peternakan kepada para wisatawan. Di tempat wisata ini, pengunjung akan diedukasi mengenai bagaimana cara melakukan kegiatan pertanian dan peternakan mulai dari awal hingga akhir (mendapatkan hasil). 

Manfaat Wisata Pendidikan

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari melakukan perjalanan wisata pendidikan ini. Ketika Anda memilih wisata pendidikan, maka Anda akan mengamati benda, tanaman, hingga hewan secara langsung. Selain itu Anda juga akan melibatkan berbagai indera, seperti perasa, pendengaran, penglihatan.

Bagaimana, penasaran dengan manfaat yang akan diperoleh dari perjalanan wisata ini? Berikut berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, diantaranya meliputi:

  • Memancing minat seorang terhadap hal baru. Apalagi untuk anak-anak, mereka akan tertarik mempelajari sesuatu hal baru yang belum pernah mereka jumpai.
  • Menambah berbagai informasi yang belum didapatkan dari sekolah. Dengan berkunjung langsung ke tempat wisata pendidikan, maka Anda atau anak Anda akan mendapatkan tambahan informasi tersebut.
  • Mendapatkan pengalaman secara langsung dan benar-benar dialami. Sehingga bukan hanya sekedar teori saja, melainkan Anda akan mendapatkan praktiknya sekaligus.
  • Wawasan dan pengetahuan Anda atau anak Anda akan bertambah dan semakin luas.
  • Dapat menambah masukkan kata bagi anak-anak. Hal ini cukup efektif untuk membantu tumbuh kembang anak dari segi komunikasi.
  • Bagi Anda yang cenderung lemah dalam bersosialisasi, maka dengan mengikuti wisata pendidikan ini kemampuan bersosialisasi akan meningkat. Apalagi untuk anak-anak, bersosialisasi merupakan salah satu hal yang penting.
  • Dapat belajar untuk menghargai karya maupun jasa dari orang lain.
  • Anak-anak akan lebih kreatif dan tidak pasif ketika mengikuti kegiatan wisata ini.

Contoh Wisata Edukasi

Ada banyak destinasi wisata pendidikan yang tersebar di Indonesia. Beberapa diantaranya meliputi sebagai berikut.

1. Museum

Museum merupakan salah satu contoh wisata edukasi anak yang bisa Anda kunjungi. Biasanya di dalam museum terdapat berbagai peninggalan-peninggalan bersejarah di masa lampau. Ada berbagai jenis museum yang bisa Anda kunjungi. Misalnya saja seperti museum seni, museum sejarah, museum arkeologi, dan lain sebagainya.

Sebagai contohnya ialah Museum Benteng Vredeburg yang ada di titik nol kilometer Kota Yogyakarta. Wisatawan dari berbagai daerah bisa mengunjungi museum tersebut. Misalnya saja wisatawan dari Semarang bisa dengan mudah mengunjungi benteng ini dengan menggunakan travel jurusan Semarang – Jogja.

Fosil gajah di museum, Sumber: jabar.tribunnews.com
Fosil gajah di museum, Sumber: jabar.tribunnews.com

2. Taman Hiburan

Wahana edukasi juga bisa Anda dapatkan di taman hiburan. Dengan mengunjungi taman hiburan ini, Anda bisa berekreasi sambil belajar. Biasanya taman hiburan ini dipilih oleh rombongan keluarga untuk menghabiskan libur akhir pekan. Bagaimana, sangat mengasyikkan bukan?

Taman hiburan, Sumber: travel.kompas.com
Taman hiburan, Sumber: travel.kompas.com

3. Taman Nasional

Mau melihat flora dan fauna langka yang dilindungi? Anda bisa mendatangi taman nasional. Di taman ini Anda akan mengetahui apa saja flora dan fauna yang dilindungi di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih 55 taman nasional yang tersebar di seluruh daerah.

Ilustrasi taman nasional, Sumber: eticon.co.id
Ilustrasi taman nasional, Sumber: eticon.co.id

Contoh di atas hanya sebagiannya saja, masih ada berbagai wisata pendidikan lain yang bisa Anda kunjungi. Baik itu di daerah Yogyakarta, Sumatera, Bali, Semarang, dan berbagai daerah lain di Indonesia. Jadi wisata pendidikan itu tidak hanya untuk anak-anak saja, orang dewasa pun juga bisa melakukan perjalanan wisata yang satu ini.

Itulah tadi pembahasan seputar wisata edukasi yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda ingin melakukan perjalanan wisata, Anda sudah bisa menentukan ingin berekreasi ke tempat wisata seperti apa. Jika lokasi wisata berada di luar kota, maka Anda bisa memanfaatkan travel antar kota untuk membawa Anda beserta rombongan menuju destinasi tersebut.

Jadi meskipun Anda tidak memiliki mobil pribadi, Anda tetap bisa merasakan perjalanan wisata secara nyaman dengan travel. Apalagi saat ini Nabawi Transport melayani sistem door to door. Sehingga Anda tidak perlu repot kesana kemari untuk naik travel. Serahkan saja masalah transportasi luar kota bersama kami, kami akan dengan senang membantu Anda.

Tinggalkan Balasan