Tampilan curug pulosari, sumber: google.com
Wisata Air Jogja Recommended di Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul dan Sleman

Wisata alam memang selalu menyimpang keindahan yang tidak pernah gagal untuk memberikan rasa takjub bagi setiap orang yang melihatnya. Salah satunya adalah wisata air Jogja. Jogja memiliki banyak sekali wisata air yang bisa Anda kunjungi. Di bawah ini kami berikan beberapa referensinya pada Anda, mulai dari Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul dan Sleman.

Saat Anda sedang berlibur atau berwisata di Jogja, jangan lewatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata air Jogja yang banyak dikunjungi orang saat berlibur ke Jogja. Apa saja destinasi yang dimaksud? Simak artikel ini sampai selesai.

Wisata Air Bantul

Bantul adalah salah satu kabupaten di Jogja yang menyuguhkan banyak destinasi wisata air. Di antara destinasi wisata air yang ada di kabupaten bantul adalah:

Curug Pulosari

Curug pulosari adalah sebuah air terjun yang airnya berasal dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan di sekitar lokasi. Curug pulosari ini menawarkan pemandangan yang cukup eksotis, karena berada di tengah kawasan perbukitan yang kering. Wisata air ini berada di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, DIY 55751.

Tampilan curug pulosari, sumber: google.com
Tampilan curug pulosari, sumber: google.com

Air Terjun Randusari

Wisata air bantul selanjutnya ini adalah air terjun yang sangat asri dengan ketinggian sekitar 12 sampai 15 meter dengan kedalaman 1 hingga 3 meter. Jika Anda ingin mendapatkan sensasi wisata air terjun di kawasan kabupaten bantul, air terjun randusari ini bisa Anda coba. Lokasinya adalah di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, DIY.

Kedung Pengilon

Kedung pengilon adalah air terjun yang di bawahnya terdapat genangan air yang membentuk kolam besar. Sumber airnya adalah dari mata air gunung yang sangat jernih dan dingin. Jadi, apabila Anda ingin menghabiskan waktu libur dengan berendam bersama keluarga, bisa mengunjungi kedung pengilon ini. Lokasinya adalah di Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY.

Grojogan Lepo Dlingo

Destinasi ini menawarkan air yang mengalir dengan gemericiknya yang menyatu padu dengan sungai berbatu. Sama dengan kedung pengilon, spot satu ini juga menawarkan sebuah kedung yang bisa dimanfaatkan untuk berenang dan berendam. Lokasinya adalah di Pokoh 1, Blingo, Bantul, DIY.

Air Terjun Seribu Batu

Ketika berkunjung ke tempat ini, dari kejauhan Anda sudah disambut dengan anak sungai berbatu dengan air yang jernih nan hijau. Setelah sampai di air terjun, Anda akan disambut oleh air terjun cantik yang sangat memanjakan mata nan eksotis untuk mengabadikan moment. Lokasinya berada di Cengkehan, Wukirsari, Imogiri, Bantul, DIY.

Air terjun seribu batu bantul, sumber: google.com
Air terjun seribu batu bantul, sumber: google.com

Air Terjun Tuwondo

Saat berkunjung ke air terjun tuwondo, Anda bisa melakukan banyak hal, bukan sekedar berenang dan mandi sepuasnya. Di sini, Anda juga bisa mengambil foto dan bermain sepuasnya. Lokasinya berada di Sitimulyo, Piyungan, Bantul, DIY.

Selain destinasi-destinasi di atas, Anda juga bisa mengunjungi destinasi lain seperti Curug Banyunibo di Sendangsari, Pajangan dan Grojogan Pucung yang berada di Pundong Bantul.

Wisata Air Kulon Progo

Apabila Anda ingin merasakan wisata air Jogja yang ada di Kabupaten Kulon Progo, di bawah ini ada beberapa destinasi yang kami rekomendasikan, Anda bisa pilih sendiri sesuai kebutuhan Anda.

Air Terjun Perawan

Untuk mengunjungi destinasi ini Anda bisa menggunakan rute jl. Godean yang berjarak kurang lebih 29 km dari Kota Jogja. Air terjun ini tergolong sebagai air terjun tertinggi di Jogja bahkan Indonesia dengan ketinggian 75 meter. Selain masih jarang dijamah wisatawan, kombinasi hawa dingin air dan suasana pedesaannya bisa membius banyak pasang mata. Lokasinya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

Wisata air Jogja, sumber: google.com
Air terjun perawan, sumber: google.com

Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun dengan nama grojogan sewu selain ada di Jawa Tengah, namun juga ada di Kabupaten Kulon Progo yang mempunyai seribu pancuran atau air terjun dengan debit air yang besar. Destinasi satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan spot wisata air terjun Jogja.

Kedung Pedut

Kedung pedut bisa dibilang sebagai spot wisata air Jogja terbaru, sebab awal mula ramai pada tahun 2015 lalu. View yang ditawarkan oleh kedung pedut ini memang sangat indah dan mempesona. Untuk merasakannya, Anda bisa mengunjungi langsung. Lokasinya di jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, DIY.

Selain beberapa destinasi di atas, Anda juga mengunjungi air terjun setawing, air terjun taman sungai mudal dan  air terjun kedung bendo yang berlokasi di prangkokan, purwosari, girimulyo, kulon progo.

Wisata Air Gunung Kidul

Kabupaten gunung kidul adalah satu kabupaten di Jogja yang memiliki banyak sekali wisata air berupa pantai yang indah dan menawan. Namun, selain wisata air pantainya gunung kidul juga menyimpan wisata air terjun yang sejuk nan alami. Simak daftarnya di bawah ini.

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun sri gethuk awal terkenal sejak tahun 2010 silam. Berbagai jenis fasilitas tambahan pada spot wisata air Jogja ini sudah sangat lengkap. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir keterbatasan fasilitas jika ingin merasakan segarnya air terjun satu ini. Misalnya saja Anda hendak berendam namun tidak bisa berenang, sudah ada fasilitas pelampung. Berlokasi di desa bleberan, gunung kidul, DIY.

Air terjun sri gethuk, sumber: google.com
Air terjun sri gethuk, sumber: google.com

Curug Bayat

Waktu siang hari adalah waktu yang tepat jika Anda ingin berkunjung ke tempat satu ini. Selain disuguhi pemandangan yang menawan, Anda juga bisa berendam dan berenang di dalam kedungnya. Sangat menyenangkan sekali bisa berenang di curug bayat ini. Lokasinya adalah di tegalrejo, gedangsari, gunung kidul.

Air Terjun Pantai Jogan

Spot wisata air satu ini juga masuk kategori wisata yang cukup baru dan masih belum banyak diketahui oleh orang dan media. Karenanya, sangat disayangkan apabila Anda berada di gunung kidul namun tidak menyempatkan diri mampir ke tempat satu ini. Keunikan dari air terjun ini adalah karena tebingnya langsung menjorok ke bibir pantai jogan.

Wisata Air Sleman

Di atas sudah kami paparkan beberapa destinasi wisata pada tiga kabupaten di Jogja, di bawah ini kami tutup ulasan artikel kali ini dengan wisata air di Kabupaten Sleman. Simak hingga selesai untuk mendapatkan referensi lengkapnya.

Blue Lagoon Jogja

Blue lagoon Jogja adalah salah satu wisata pemandian mata air. Tempat ini sangat cocok untuk wisata air Jogja untuk anak. Waktu yang sangat direkomendasikan untuk mengunjungi spot wisata ini adalah pada musim kemarau.

Wisata air Jogja, sumber: google.com
Blue lagoon Jogja, sumber: google.com

Sebab, pada musim tersebut Anda bisa mendapatkan air yang bersih dan segar. Di sini Anda bisa berenang atau bermain air di kolam alami yang telah disediakan. Suasana teduh dan sejuk juga akan menemani Anda. Selain berendam dan berenang, Anda juga bisa menikmati kuliner yang ada di sekitar lokasi.

Ledok Sambi

Wisata air ledok sambi yang terletak di kabupaten sleman ini adalah wisata air Jogja yang menawarkan banyak aktivitas, bukan hanya wisata air. Beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan adalah camping, outbond, flying fox dan sebagainya.

Lava Bantal

Wisata air Jogja di sleman terakhir adalah lava bantal. Spot wisata ini memiliki bantaran sungai yang mengalir deras dan di sisi-sisinya terdapat batuan yang berbeda warna antara satu sisi dengan sisi lainnya. Batuan ini berbentuk bantal yang bertumpuk sehingga menciptakan view yang unik tersendiri.

Nah, itulah artikel singkat mengenai destinasi wisata air Jogja recommended di Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul dan sleman. Semoga dengan menyimpan paparan ini, Anda mendapatkan manfaat berwisata bersama keluarga yang lebih berkesan. Kunjungi website Nabawi Transport untuk mendapatkan update artikel terbaru.

Tinggalkan Balasan