Periksa kondisi kendaraan, Sumber: otodriver.com
Periksa kondisi kendaraan, Sumber: otodriver.com
5+ Tips Mudik Sehat yang Menyenangkan dan Anti Ribet

Mudik merupakan salah satu tradisi bagi sebagian masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Biasanya mudik dilakukan pada saat hari besar keagamaan. Apakah Anda salah satu orang yang mengikuti tradisi unik ini? Jika iya, maka Anda perlu mengikuti berbagai tips mudik sehat agar perjalanan tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Jika melihat syarat dan aturan mudik dari pemerintah, maka setiap tahunnya akan mengalami perubahan. Apalagi setelah Indonesia dan seluruh dunia mengalami serangan virus covid-19. Namun seiring berjalannya waktu, kegiatan mudik bisa berjalan normal kembali seperti tahun ini. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Jika berencana untuk mudik maka sebelum dan selama kegiatan mudik, Anda perlu melakukan berbagai hal. Mulai dari menyiapkan barang-barang, saat diperjalanan, hingga pulang ke rumah lagi. Supaya tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda perlu mengikuti tips mudik yang sehat.

Tips mudik sehat ke kampung halaman, Sumber: ayosurabaya.com
Tips mudik sehat ke kampung halaman, Sumber: ayosurabaya.com

Tips Mudik Sehat

Mungkin sebagian orang mengira mudik yang sehat itu ribet dan bikin pusing. Apakah Anda juga berpikiran demikian? Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika dilakukan dengan cara tepat, mudik yang sehat bisa dilakukan dengan menyenangkan dan anti ribet. Penasaran dengan tips mudik sehat yang anti ribet? Simak penjelasan berikut.

1. Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Tips mudik sehat yang pertama ialah dengan memastikan bahwa kondisi tubuh fit sebelum keberangkatan. Minimal seminggu sebelum waktu keberangkatan, Anda perlu memastikan bahwa badan sehat dan baik-baik saja. Anda bisa menjaga tubuh tetap fit dengan mengonsumsi makanan sehat tentunya.

Selain makanan yang sehat, Anda juga perlu melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, olahraga ringan yang dilakukan di rumah pun sudah cukup. Kondisi tubuh yang fit akan membuat perjalanan mudik Anda menjadi lancar tanpa ada halangan.

Pastikan kondisi tubuh fit sebelum berangkat, Sumber: suara.com
Pastikan kondisi tubuh fit sebelum berangkat, Sumber: suara.com

2. Periksa Kondisi Kendaraan

Bagi Anda yang memilih untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka perlu memeriksa kondisi kendaraannya terlebih dahulu. Apalagi jika Anda akan menempuh perjalanan yang jauh. Pastikan bahwa mesin kendaraan bekerja dengan optimal. Selain itu periksa juga pada bagian remnya, jika terjadi masalah segera bawa kendaraan Anda ke bengkel.

Selain memeriksa kondisi kendaraan, Anda juga perlu melengkapi perjalanan Anda supaya aman. Dengan apa? Bagi pengguna motor, gunakanlah helm standar agar aman. Tidak lupa juga menggunakan jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu. Kemudian untuk mobil, pastikan selalu memasang sabuk pengaman.

Periksa kondisi kendaraan, Sumber: otodriver.com
Periksa kondisi kendaraan, Sumber: otodriver.com

3. Istirahat Ketika Lelah

Ketika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka pastikan Anda beristirahat ketika lelah. Jangan sekali-kali memaksakan kondisi tubuh yang lelah dengan melanjutkan perjalanan. Baik itu pengguna motor ataupun mobil. Apalagi jika sudah merasa ngantuk, Anda wajib untuk mencari rest area dan tidur sejenak.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kelelahan. Bukan hanya Anda saja yang celaka, namun pengguna jalan lain juga bisa terkena imbasnya. Perlu Anda ketahui bahwa kelelahan juga dapat menurunkan konsentrasi. Jika konsentrasi menurun Anda pun tidak bisa fokus, dengan begitu risiko kecelakaan semakin meningkat.

Istirahat ketika merasa lelah, Sumber: ttnews.com
Istirahat ketika merasa lelah, Sumber: ttnews.com

4. Hindari Jajan Sembarangan di Jalan

Tips mudik sehat selanjutnya ialah dengan menghindari jajan sembarangan selama perjalanan. Anda tidak pernah tahu bagaimana makanan atau minuman tersebut diolah. Untuk menghindari sakit perut atau yang lainnya, sebaiknya Anda tidak jajan sembarangan.

Untuk mengantisipasi jajan sembarangan, Anda bisa membawa bekal dari rumah. Jika tidak sempat membuat bekal, maka Anda bisa mampir ke rumah makan yang terpercaya. Dengan begitu Anda bisa menghindari dari risiko memakan makanan yang tidak higienis. 

Bagi Anda yang menempuh perjalanan jauh, misalnya saja dari Jakarta ke Jogja maka perlu mempersiapkan bekal. Paling tidak Anda membawa air mineral supaya tidak dehidrasi selama perjalanan.

Hindari jajan sembarangan dengan membawa bekal, Sumber: lifepal.co.id
Hindari jajan sembarangan dengan membawa bekal, Sumber: lifepal.co.id

5. Siapkan Obat-obatan Pribadi

Obat-obatan pribadi merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dibawa dan tidak boleh ketinggalan. Ketika Anda merasa kurang enak di jalan, maka Anda bisa berhenti untuk beristirahat dan meminum obat. Obat pribadi ini juga sangat penting bagi pemudik yang memiliki penyakit tertentu.

Biasanya orang yang mengidap penyakit tertentu membutuhkan obat khusus. Jadi membawa obat pribadi selama perjalanan mudik, sangat disarankan. Hal ini dikarenakan belum tentu selama perjalanan Anda bisa menemukan apotek. Dengan membawa obat pribadi ini Anda akan merasa aman dan nyaman untuk melanjutkan perjalanan.

Bawa obat-obatan pribadi, Sumber: indosurvival.com
Bawa obat-obatan pribadi, Sumber: indosurvival.com

6. Terapkan Protokol Kesehatan Selama Mudik

Semenjak pandemi covid 19 masuk ke Indonesia, pemerintah selalu menekankan kepada masyarakat untuk menerapkan prokes. Hal ini berguna untuk meminimalisir tertularnya virus corona antara 1 individu ke individu yang lainnya. Meskipun Anda sudah divaksin lengkap hingga booster, menerapkan protokol kesehatan adalah hal yang wajib.

Protokol kesehatan ini diantaranya ialah penggunaan masker, menjaga jarak dengan orang lain, hingga rajin mencuci tangan. Jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan, maka bawa hand sanitizer dimanapun Anda berada. 

Selain itu membawa peralatan ibadah sendiri juga sangat disarankan. Dengan begitu Anda tidak perlu bergantian dengan orang asing saat beribadah (misalnya mukena dan sajadah). Bukan hanya itu saja, perlengkapan makan pun juga disarankan untuk membawanya sendiri. Misalnya saja seperti sendok, garpu, hingga sumpit.

Tetap menerapkan prokes selama mudik, Sumber: ekbis.sindonews.com
Tetap menerapkan prokes selama mudik, Sumber: ekbis.sindonews.com

7. Persiapkan Mental

Bukan hanya mempersiapkan fisik saja, ketika mudik Anda juga harus menyiapkan mental. Mengapa demikian? Pada saat mudik menggunakan jalur darat, kemacetan yang terjadi di jalan tidak bisa dihindarkan. Supaya Anda tidak stres menghadapi kemacetan, Anda harus mempersiapkan mental jauh-jauh hari.

Ilustrasi mempersiapkan mental saat mudik, Sumber: qoala.app
Ilustrasi mempersiapkan mental saat mudik, Sumber: qoala.app

Itulah tadi berbagai tips mudik sehat yang menyenangkan dan anti ribet. Apapun moda transportasi yang Anda gunakan selama mudik, aman dan sehat tetap menjadi prioritas utama. Jika Anda ingin menggunakan travel saat mudik, maka bisa menghubungi Nabawi Transport. Kami siap membantu perjalanan mudik Anda lebih menyenangkan.

Tinggalkan Balasan