Wisata alam, sumber: google.com
Manfaat Berwisata untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dengan budaya, adat, suku dan potensi alamnya. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki spot wisata andalannya masing-masing. Jadi, sangat disayangkan sekali jika tinggal di Indonesia namun Anda belum pernah sama sekali menyambanginya. Manfaat berwisata sendiri bukan sekedar sebagai refreshing semata namun memiliki banyak manfaat lainnya.

Anda bisa berwisata di gunung, pantai, pulau, kuliner dan banyak lagi jenis spot wisata yang bisa Anda kunjungi. Pengalaman dan juga petualangan yang dimiliki bisa menyeimbangkan pikiran dan jiwa yang penat dengan pekerjaan dan rutinitas lainnya. Berwisata tidak mesti yang mahal dan jauh, Anda bisa saja berwisata di tempat Anda sendiri dengan budget yang murah, yang penting esensi dari wisata itu Anda dapatkan.

Manfaat Berwisata untuk Kesehatan

Aktivitas diluar rumah seperti berwisaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan sekedar manfaat secara fisik juga secara mental. Karenanya, tidak heran apabila berwisata dianggap sebagai salah satu kebutuhan hidup tambahan manusia. Di bawah ini beberapa manfaat berwisata yang bisa Anda dapatkan.

Mengatasi Stress

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kesibukan dalam pekerjaan dan rutinitas keseharian bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi jenuh bahkan merasa stress. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mencoba untuk meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi beberapa spot wisata bertemakan alam terbuka.

Stress saat kerja, sumber: istockphoto.com
Stress saat kerja, sumber: istockphoto.com

Saat berada di alam terbuka, fisik dan pikiran Anda akan lebih rileks dan akan mendapatkan kenyamanan diri. Hal ini didukung oleh studi dari Glasgow University menunjukan bahwa orang yang bersepeda, berjalan dan berada di alam memiliki risiko gangguan kesehatan mental yang lebih rendah dari pada orang yang ada di dalam ruangan.

Meningkatkan Mood

Berwisata bukan saja bermanfaat bagi kesehatan, namun bisa membantu meningkatkan mood. Menghindarkan diri dari rutinitas harian dengan meluangkan waktu pergi ke tempat wisata alam. Dengan melihat keindahan alam, menghirup udara segar dan bertemu dengan banyak hal baru bisa meningkatkan mood Anda dan menambah wawasan baru.

Meningkatkan Kreativitas

Berdasarkan studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa dengan melakukan perjalanan ke alam seperti hutan dan pegunungan bisa meningkatkan daya kreativitas Anda sampai 50 persen. Manfaat satu ini sangat bagus untuk Anda yang rutinitasnya membutuhkan daya kreativitas tinggi.

Mendapatkan Udara Segar

Sekarang ini, interaksi manusia dengan alam menjadi sangat minim. Khususnya Anda yang berdomisili di perkotaan dan menghabiskan waktu, baik bekerja dan rutinitas lainnya di kota. Maka, tentu Anda membutuhkan waktu sejenak untuk mendapatkan udara segar dan berkualitas. Untuk itu, Anda bisa mendapatkannya dengan berada di alam bebas.

Aktivitas di ruang kerja berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Oleh karenanya, Anda perlu mendapatkan sentuhan dari sinar matahari langsung barang sebentar saja. Sinar matahari langsung selain memiliki risiko, namun memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan gangguan muskuloskeletal utama, penyakit autoimun dan beberapa jenis kanker.

Meningkatkan Mindfulness

Manfaat berwisata selanjutnya adalah bisa meningkatkan mindfulness. Mindfulness merupakan suatu sikap kesadaran penuh akan diri sekarang ini, tidak mengawang ke masa lalu ataupun masa depan.

Tingkatkan mindfulness, sumber: google.com
Tingkatkan mindfulness, sumber: google.com

Fokus pada apa yang sedang dijalani sekarang ini dan melakukan yang terbaik untuk menyambut masa depan dan mendapatkan hasil terbaik. Dengan melakukan wisata alam, Anda bisa melatih dan meningkatkan hal tersebut agar Anda lebih dapat menikmati hidup saat ini.

Meningkatkan Konsentrasi

Dengan berwisata, bukan sekedar mengatasi stress namun juga bisa meningkatkan konsentrasi Anda. Sebab, ketika sedang berinteraksi dengan alam, otak akan beristirahat dari overstimulasi setiap harinya yang kemudian bisa memberikan efek perbaikan dan peningkatan konsentrasi atau bisa fokus pada apa yang diperhatikan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain menjaga pola makan dan pola hidup sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, berwisata juga bisa cukup membantu dalam hal tersebut. Sebagaimana yang diuraikan di muka, bahwa berada di alam sangat bermanfaat baik secara fisik maupun psikis. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencoba spot wisata yang sedikit mengeluarkan keringat, seperti rafting, outbond dan lain sebagainya.

Menciptakan Kenangan Masa Depan

Setiap hal yang sudah dilalui di masa dulu akan menjadi memori atau kenangan di masa yang akan datang maka ada baiknya membuat hal yang menyenangkan saat ini untuk memberikan memori indah di masa mendatang salah satunya adalah waktu yang berkualitas bersama keluarga tercinta untuk berwisata.

Meningkatkan Keharmonisan Rumah Tangga

Setiap hari dalam sebuah keluarga pastinya mempunyai aktivitas kesibukan masing-masing seperti bekerja, mengurus rumah tangga, bersekolah dan lain sebagainya. Sehingga, menyita banyak waktu Anda dan keluarga. Untuk meningkatkan keharmonisan dalam rumah tangga dengan quality time Anda bisa merencanakan liburan dan berwisata.

Manfaat berwisata untuk menjaga keharmonisan, sumber: istockphoto.com
Jaga keharmonisan, sumber: istockphoto.com

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Di tempat liburan, Anda pastinya akan banyak melakukan aktivitas yang bersifat fisik seperti mendaki, berjalan, menyelam dan lainnya. Dengan itu, tubuh Anda akan semakin lebih sehat karena melakukan aktivitas fisik tersebut. Bahkan, rutin berwisata dapat mengurangi risiko terkena penyakit serangan jantung koroner dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Itulah paparan singkat mengenai manfaat berwisata untuk kesehatan fisik dan mental yang perlu untuk Anda ketahui. Jika Anda menginginkan travel antar kota dan untuk mendapatkan artikel berwawasan lainnya, Anda bisa mengunjungi website resmi kami di Nabawi Transport.

Tinggalkan Balasan