Jalan tol indonesia, sumber onstructionplusasia.com
Jalan tol indonesia, sumber: onstructionplusasia.com
Daftar Jalan Tol Baru yang akan Diresmikan Tahun 2022

Pembangunan jalan tol di Indonesia kini terus dilakukan oleh pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Sehingga ada beberapa ruas tol baru yang bermunculan untuk memudahkan pengguna jalur darat. Dengan adanya pembangunan tol maka, perjalanan darat akan lebih cepat dan mudah.

Dengan terus munculnya tol baru membantu dalam menghubungkan koneksi antar provinsi, kota, kabupaten, dan desa. Sehingga banyak manfaat yang akan didapatkan dengan adanya ruas dari jalan tol. Pembangunannya akan terus dilakukan untuk dapat menghubungkan setiap kota yang ada di Indonesia.

Di tahun 2022 ada beberapa ruas tol baru yang telah diresmikan penggunaannya dan dikelola oleh pihak PT. Jasa Marga. Dengan adanya ruas tol baru tersebut menambah dari daftar jalan tol yang ada di Indonesia. Sehingga para pengguna lintas jalur darat dapat menggunakan dan memanfaatkannya untuk menghemat waktu perjalanan.

Tujuan Pembangunan Jalan Tol

Jalan tol bukan serta merta dibangun begitu saja tanpa adanya tujuan. Berikut ini tujuan dari pembangunan jalan tol diantaranya:

  1. Memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang.
  2. Meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi.
  3. Meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan.

Manfaat Pembangunan Jalan Tol

Adapun manfaat dari pembangunan jalan tol yang bisa disimak penjelasannya berikut ini, diantaranya:

  1. Pembangunan jalan tol akan berpengaruh pada perkembangan wilayah dan peningkatan ekonomi.
  2. Meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas orang dan barang.
  3. Pengguna jalan tol akan mendapatkan keuntungan berupa penghematan biaya operasi kendaraan (BOK) dan waktu dibanding apabila melewati jalan non tol.

Daftar Tol Baru yang Akan Diresmikan

Berikut ini beberapa daftar ruas tol baru yang akan diresmikan pada tahun 2022 yang diantaranya:

1. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1

Konstruksi pembangunan jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, sumber ekonomi.bisnis.com
Konstruksi pembangunan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, sumber: ekonomi.bisnis.com

Jalur ini merupakan bagian dari ruas Tol Trans Sumatera yang sedang dikebut pembangunannya agar bisa segera digunakan. Untuk saat ini pada ruas Tol Trans Sumatera sudah ada Tol Banda Aceh–Sigli terdapat 5 seksi. Sedangkan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat masih dalam tahap pembangunan dan terdapat 5 seksi. 

Total panjang dari tol ini kurang lebih sepanjang 135,45 Km yang terbagi dalam 5 seksi. Direncanakan selesai pada akhir tahun 2022 untuk seksi 1 dan 2, sedangkan untuk seksi 3, 4, dan 5 direncanakan akan selesai pada tahun 2023. Pengerjaan yang dipercepat diharapkan bisa digunakan segera untuk mendukung dari pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara.

2. Tol Lintas Manado – Bitung

Jalan tol Manado-Bitung, sumber: rctiplus.com
Tol Manado-Bitung, sumber: rctiplus.com

Jalan Tol Manado – Bitung akan menghubungkan antara kota Manado hingga kota Bitung yang berada di provinsi Sulawesi Utara. Menjadi bagian dari jaringan jalan Tol Trans Sulawesi dan menjadi yang pertama dibangun di wilayah Utara.

Panjang dari ruas tol ini sepanjang 39 km dan terbagi dalam dua seksi. Seksi 1 menghubungkan Manado – Airmadidi, sedangkan untuk seksi 2 menghubungkan Airmadidi – Bitung. Dengan adanya ruas tol lintas Manado – Bitung dapat mendukung sektor wisata serta pertumbuhan ekonomi di Manado, Minahasa Utara dan Bitung.

Tol baru ini juga akan menjadi akses utama menuju ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Pelabuhan Hub Internasional Bitung yang akan segera dibangun. Tol Manado-Bitung Seksi 2B Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 Km, menyusul ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 Km yang telah lebih dulu diresmikan dan dioperasionalkan.

3. Tol Lintas Jawa Barat Cisumdawu

Ruas tol Cisumwandu, sumber detik.com
Ruas tol Cisumwandu, sumber: detik.com

Jalan tol yang menghubungkan kawasan Cileunyi – Sumedang – Dawuan atau menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka. Memiliki panjang total 60 Km dan terdiri dari 6 seksi yang dimana, seksi 1 ruas Cileunyi sudah resmi beroperasi pada tanggal 25 Januari 2022.

Untuk seksi sisanya yaitu, 2, 3 dan 6 direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2022 tepatnya pada bulan September. Tol ini merupakan bagian dari ruas tol yang akan menghubungkan dua kota terbesar di Jawa Barat yaitu, Bandung dan Cirebon. Tol Cisumdawu nantinya akan tersambung dengan ruas Tol Cikopo-Palimanan.

Dengan adanya tol baru Cisumdawu diharapkan masyarakat yang dari arah Tangerang, Jakarta, dan sekitarnya bisa menggunakannya. Bila ingin menuju ke Jawa Tengah bisa lewati Sukabumi, melipir ke Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, lalu tembus ke Jogja, bahkan bisa juga ke Solo.

4. Tol Bandara Kertajati Majalengka

Proses konstruksi ruas tol Bandara Kertajati Majalengka, sumber: joss.co.id
Proses konstruksi ruas tol Bandara Kertajati Majalengka, sumber: joss.co.id

Dengan hadirnya tol baru bandara Kertajati Majalengka akan memudahkan warga Bandung dan sekitarnya yang akan menuju ke arah bandara. Tol bandara ini juga akan terhubung dengan ruas tol Cisumdawu. Sehingga jarak tempuh yang tadinya sekitar 160-180 Km, akan dipangkas menjadi 50% yaitu, menjadi sekitar 60 Km.

Jalan tol bandara Kertajati Majalengka memiliki panjang kurang lebih 3,38 Km. Pengoperasian ruas tol ini sudah dapat digunakan secara penuh oleh masyarakat. Terhitung dari awal peresmiannya yang telah dilakukan pada awal tahun 2022. Telah dilakukan Uji Laik Fungsi dengan diterbitkan Sertifikat Laik Operasinya (SLO) pada 6 Desember 2021. 

Dengan beroperasinya Tol Akses Bandara Kertajati diharapkan dapat semakin mempermudah akses masyarakat baik dari dan menuju Bandara Kertajati. Sehingga fungsinya yang digunakan dalam melayani mobilitas orang dan barang dapat lebih optimal.

Itulah beberapa jalan tol baru yang akan diresmikan pada tahun 2022 dan akan beroperasi secara penuh. Disamping itu juga masih ada beberapa ruas tol baru yang masih dalam tahap pengerjaan dan akan selesai pada tahun 2023 mendatang. 

Salah satu satu diantaranya adalah tol baru daerah istimewa yogyakarta. Dalam pembangunannya ada 2 seksi yang dikerjakan. Untuk ruas jalan tol seksi 1 yaitu, yang akan menghubungkan Jogja-Bawen dan rencana selesai pada tahun 2025. Sedangkan untuk ruas jalan tol seksi 2 yaitu, Solo-Jogja-Bandara YIA yang direncanakan akan selesai pada tahun 2023.

Dengan adanya tol baru yang terus dibangun untuk memudahkan berbagai akses perjalanan. Maka, travel antar kota juga bisa menjadi lebih mudah kemana saja dengan jarak tempuh yang lebih efisien. Jadi, bagi Anda yang suka berlibur atau pergi ke satu kota ke kota lainnya akan menjadi lebih menghemat banyak waktu perjalanan.

Tinggalkan Balasan